Mahaka Media Tbk.

Mahaka Media dengan tagline “BeyondMedia Creation”, merupakan perusahaanmedia multiplatform yang membuat, menjual,mengumpulkan dan mendistribusikan kontenkonten komunitas melalui semua platformyang dibutuhkan konsumen. Perseroan inibertempat di Sahid Office Boutique Blok G, Jl.Jend. Sudirman Kav. 86, Jakarta 10220.  

PT Mahaka Media, Tbk (Perseroan) didirikan di Jakarta dengan nama PT Abdi Massa pada tanggal 28 November 1992 dengan Akta No. 229, kemudian diubah dengan Akta No. 157 tanggal 17 Desember 1992 menjadi PT Abdi Bangsa, yang keduanya dibuat di hadapan Ny. S.P. Henny Shidki, S.H., Notaris di Jakarta dan telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusannya No. C2-10310.HT.01.01.TH.92 tanggal 19 Desember 1992 serta diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 9/1993 tanggal 29 Januari 1993, tambahan No. 564/1993. Pada tanggal 4 Januari 1993, Perseroan mendirikan Harian Republika, surat kabar pertama bagi komunitas Muslim di Indonesia. Pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tanggal 4 Mei 2010, nama PT Abdi Bangsa Tbk berubah menjadi PT Mahaka Media Tbk dan telah memperoleh persetujuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI berdasarkan keputusan No. AHU-24811.AH.01.02 Tahun 2010, pada tanggal 17 Mei 2010. Semenjak pendirian Perseroan, Anggaran Dasar Perseroan telah beberapa kali mengalami perubahan. Adapun perubahan terakhir adalah berdasarkan Akta Pernyataan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) No. 26 tanggal 17 Juni 2015 yang dibuat oleh Notaris Zulkifli, S.H., Notaris di Jakarta, dengan Daftar Perseroan Nomor AHUAH.01.03-0943130 tanggal 18 Juni 2015.

Tahun 2002 merupakan tahun penting dalam sejarah berdirinya Mahaka Media, dimana perusahaan ini pertama kali mencatatkan sahamnya sebagai PT Abdi Bangsa, Tbk pada tanggal 3 April 2002 di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan menjadikannya sebagai perusahaan penerbitan surat kabar pertama yang menjadi perseroan publik.

Pada tahun 2003, Mahaka Media mulai mengawali perkembangannya sebagai sebuah induk perusahaan multimedia (Multi Media Holding Company) dengan membawahi 2 (dua) unit usaha yaitu PT Pustaka Abdi Bangsa dan PT Republika Media Mandiri. Kemudian melalui Penawaran Umum Terbatas III pada tanggal 29 September 2004, perkembangan Mahaka Media menjadi lebih luas dengan mengakuisisi seluruh kepemilikan PT Indopac Usaha Prima di beberapa perusahan lain seperti PT Media Golfindo yang bergerak dalam penerbitan majalah berlisensi, PT Mahaka Visual Indonesia yang bergerak di bidang animasi dan PT Avabanindo Perkasa yang bergerak dalam media iklan luar ruang, sehingga memperkuat kedudukan Perseroan menjadi perusahan induk multimedia. Pada tahun 2014, Mahaka Media kembali memperluas perkembangan bisnisnya dengan melakukan pengambilalihan sebagian saham (akuisisi) PT Kalyanamitra Adhara Mahardhika (Alive Indonesia) dan juga pembelian saham terhadap PT Wahana Kalyanamitra Mahardhika (CardPlus). Lalu pada tahun 2017, Mahaka Media melakukan pengambilalihan mayoritas saham (akuisisi) PT Gamma Investa Lestari (Mahaka Square).  

Sejalan dengan perkembangan usahanya, kini PT Mahaka Media Tbk telah menjadi Induk Perusahaan Multi Media dengan unitunit usaha seperti Televisi, Radio, Media Luar Ruang, Surat Kabar, Majalah, Penerbit Buku  serta media Digital. Setiap unit bisnis tersebut  berhasil membangun kekuatan dari masingmasing karakter produk, seperti Harian  Republika sebagai surat kabar muslim terbesar  di Indonesia, Jak TV sebagai stasiun TV lokal  Jakarta, serta Gen FM sebagai radio No. 1 di  Jakarta dengan jumlah pendengar terbanyak.  Seluruh pencapaian telah melengkapi Mahaka Media sebagai Perusahaan induk multimedia terintegrasi, kuat dan terus berkembang.

                                                                                                                                                                  


Posted By : Arief Kurniawan | Jumat, 20 November 2020