PT Astra Agro Lestari Tbk

PT Astra Agro Lestari Tbk (“Perseroan”) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pertanian dan untuk mencapai maksud serta tujuan tersebut, Perseroan menjalankan beberapa kegiatan saha. Menghadapi tantangan di masa mendatang, Perseroan memfokuskan strategi usaha pada upaya peningkatan produktivitas, meningkatkan efisiensi di semua lini, serta diversifikasi usaha pada sektorsektor prospektif yang terkait dengan usaha inti di bidang perkebunan kelapa sawit.

 

Luas areal tertanam yang dikelola Perseroan mencapai 285.025 hektar yang tersebar di Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Dari luasan tersebut, 218.410 hektar adalah perkebunan inti sedangkan 66.615 hektar adalah perkebunan Plasma.

 

Perseroan berkomitmen mewujudkan visinya untuk menjadi perusahaan yang berkontribusi bagi pembangunan dan kesejahteraan bangsa. Perseroan membangun kerjasama dengan masyarakat dalam bentuk kemitraan Inti-Plasma

dan Income Generating Activity (IGA). Perseroan telah bekerjasama dengan 74.860 petani kelapa sawit. Kerjasama ini memastikan bahwa kehadiran perkebunan kelapa sawit yang dikelola Perseroan memberikan manfaat besar bagi

masyarakat sekitar.

 

Untuk menjaga keberlangsungan usaha, Perseroan mengembangkan industri hilir. Perseroan mengoperasikan pabrik pengolahan minyak sawit (refinery) melalui PT Tanjung Sarana Lestari (PT TSL) yang berlokasi di Kabupaten Mamuju Utara, Provinsi Sulawesi Barat. Perseroan juga memiliki kantor pemasaran di Singapura dengan nama Astra-KLK Pte. Ltd yang merupakan ventura bersama antara Perseroan dengan Kuala Lumpur Kepong Plantation Holdings Sdn, Bhd.

 

Perseroan juga mengoperasikan pabrik pencampuran pupuk NPK di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah (2016) dan Bumiharjo, Provinsi Kalimantan Tengah (2017). Perseroan juga mulai mengembangkan usaha integrasi sawit-sapi di Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah (2016)


Posted By : Dev Masum | Kamis, 15 Oktober 2020